SIKAP MENGHARGAI WAKTU


Waktu adalah uang atau uang adalah waktu? Bagaimana cara kita menjawab pertanyaan tersebut? Setiap individu pastinya memiliki sudut pandang tersendiri jika sudah menoleh pada satu hal yang bisa dibilang paling penting dalam hidup ini, yaitu waktu. Mengapa bisa dibilang paling penting? Pertama, jika dilihat dari pengertiannya, dan mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti dari waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung. Nah dari pengertian tersebut sudah dapat saya tarik kesimpulan kalau waktu merupakan suatu proses dimana kita melakukan sesuatu saat ini ataupun masa lampau, dan juga di masa yang akan datang, akan tetapi tidak ada satu pun individu yang bisa memprediksi waktu itu sendiri, istilah lainnya kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada yang akan datang. Seperti yang sudah saya bilang tadi, setiap individu memiliki sudut pandang tersendiri mengenai waktu, mulai dari cara menghargai waktu, memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, atau memprediksi waktu walaupun mugkin point ketiga ini agak mustahil dilakukan oleh setiap individu. Dengan adanya waktu, setiap individu pastinya akan merasakan sisi positive dan negative. Akan tetapi, bagaimana agar setiap individu dapat lebih menghargai waktu dan bisa menerima kenyataan yang pada hakikatnya sudah tidak bisa kita atur lagi?

• Tepat Waktu
Sebelum masuk ke point lainnya, point pertama ini adalah yang harus dimiliki bagi setiap individu untuk dapat menghargai waktu. Apapun hal yang akan dilakukan, dimanapun dan dengan siapapun itu, biasakanlah untuk tepat waktu, terutama bangun tidur. Karna mulai dari tepat waktu semua hal yang akan dilakukan sudah dapat terlihat sisi positivenya. Dan setiap individu yang memiliki kebiasaan tepat waktu sudah pasti disenangi banyak orang.

• Bertanggung Jawab
Apa maksud dari point kedua ini? Jika setiap individu sudah memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi khususnya terhadap waktu yang mereka miliki, sudah pasti semua hal yang akan mereka lakukan akan dengan cepat terselesaikan. Contoh kecilnya adalah, mulai mengerjakan pekerjaan lain jika sudah menyelesaikan pekerjaan sebelumnya.

• Belajar Mengatakan Tidak!
Mungkin beberapa pembaca sedikit bingung dengan point ketiga ini, apa maksudnya? Dan apa tujuannya? Kita sebagai individu yang pastinya memiliki bermacam macam kegiatan setiap harinya, baik itu kegiatan akademik maupun non akademik, primer maupun sekunder. Setiap individu pasti memiliki rasa keinginan yang tinggi terhadap suatu hal, terutama jika suatu hal tersebut adalah sebuah ajakan dari kerabat terdekat seperti mengajak main ataupun jalan-jalan, sebenarnya tidak masalah jika hal ini dilakukan sesekali, intinya jangan sampai hal ini mengganggu kewajiban kita yang seharusnya lebih kita utamakan dibanding hal lainnya. Coba belajar mengatakan tidak kepada suatu hal yang kita anggap kurang penting, atau suatu hal yang bisa kita nomer 2 kan. Cobalah untuk bisa memilah mana hal yang akan lebih berguna untuk kita kedepannya.

• Buat Jadwalmu!
Point ini akan sangat berguna bagi setiap individu. Mengapa demikian? Dengan teraturnya jadwal yang kita miliki setiap harinya maka setiap kegiatan yang kita lakukan sudah pasti akan bermanfaat, dan itu akan mengurangi waktu senggang dalam keseharian kita. Karena sebagian besar sudah kita isi dengan kegiatan yang kita anggap berguna bagi kelangsungan hidup kita.

Komentar