Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

·       Tujuan

Ilmu Budaya Dasar, jika dilihat dari kata katanya sebenarnya kita sudah bisa dengan cepat mengartikannya. Tidak lain dan tidak bukan adalah ilmu pengetahuan yang mendalami kebudayaan suatu Negara yang dibangun mulai dari dasarnya. Di sisi lain, sebenarnya apa sih tujuan kita mempelajari Ilmu Budaya Dasar?
Menurut saya, tujuan utama kita mempelajari Ilmu Budaya Dasar adalah agar kita dapat mengenal kembali budaya budaya khususnya di Indonesia yang sudah mulai menurun atau punah. Tidak hanya mengenal, melainkan sebagai peningkat kembali minat para pemuda bangsa kita untuk dapat melestarikan budaya budaya Indonesia.

·               Ruang Lingkup
Yang dimaksud ruang lingkup disini adalah sejauh mana ilmu budaya dasar sampai dikalangan mahasiswa? Apakah hanya sekedar masuk kuping kanan keluar kuping kiri? Atau ada juga yang benar benar serius ingin memperdalam pengetahuannya tentang budaya budaya Indonesia?
Jika dilihat dari faktanya di masa sekarang, melemahnya pengetahuan tentang budaya dikalangan mahasiswa tidak bisa disalahkan sepenuhnya karena mahasiswanya itu sendiri. Menurut saya, terdapat faktor yang mungkin membuat kurangnya minat mahasiswa mempelajari budaya.

Faktor yang pertama adalah kualitas dosen dari universitas itu sendiri, kualitas dosen yang sangat peduli akan kebudayaan Indonesia sangatlah penting untuk membangun kembali minat para mahasiswa. Tidak hanya dosen yang mengajar mata kuliah ilmu budaya, melainkan semua dosen yang mengajar di universitas tersebut.

Yang kedua adalah faktor perkembangan teknologi. Mungkin ada beberapa hal positive yang bisa kita ambil dari perkembangan teknologi, akan tetapi kita juga harus tetap mengimbanginya dengan kegiatan kegiatan yang jauh lebih berguna khususnya untuk Negara kita ini. Mengapa saya menyebutkan perkembangan teknologi masuk dalam salah satu faktor ini? Sebenarnya, jika difikir fikir tidak masuk akal. Tetapi jika kita berfikir logis sangatlah berpengaruh, dengan bertambah canggihnya teknologi di jaman sekarang, secara otomatis para mahasiswa melupakan perannya yang sangat vital sebagai pemuda penerus bangsa, dan bila hal itu sudah terjadi, secara otomatis pula mahasiswa bisa berperilaku seenaknya tanpa berfikiran bahwa dinegara kita mempunyai adat istiadat dan budaya yang jauh lebih penting harus dilestarikan dibanding memanfaatkan teknologi modern berlebihan yang bisa melupakan peran mereka sebagai tulang punggung Bangsa Indonesia.

Analisis Video

Saya sangat bangga dengan Indonesia, nyatanya budaya Indonesia tidak hanya berkembang atau dipelajari di Indonesia saja, negara maju seperti Amerika Serikat faktanya ikut juga mempelajari budaya dari Indonesia yaitu gamelan dan pencak silat. Dan para petinggi universitas universitas di Amerika pun sudah menjadikan budaya gamelan sebagai salah satu kurikulum kampus mereka. Seharusnya, negara kita sebagai pencetus budaya gamelan tersebut bukan hanya bisa berbangga sendiri, melainkan harus bisa meniru mereka untuk menjadikan minimal salah satu budaya kita sebagai kurikulum di setiap universitas di indonesia. Kalau Amerika saja bisa menjadikan budaya kita sebagai kurikulum di beberapa universitas dinegaranya,  itu artinya budaya bangsa kita sangat tinggi peminatnya di kancah internasional. Jangan sampai kita baru menyesal dikemudian hari bilamana ada Negara lain yang mencoba untuk mengakui budaya gamelan sebagai budaya Negara mereka seperti halnya batik yang coba diakui oleh Negara tetangga kita(Malaysia).

Komentar