Manusia dan Tanggung Jawab


Manusia, jika kita membahas tentang manusia tentu saja tidak aka nada habisnya, mau dilihat dari segi manapun juga manusia tetaplah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna, tetapi mengapa justu kita selalu masih merasa ada yang kurang, masih merasa tidak sempurna. Apa penyebabnya? Sebenarnya penyebabnya dating dari dalam diri orang itu sendiri, sifat kepuasan atau sifatnya yang ingin selalu terlihat lebih itu yang mungkin menjadi penyebab dari hal tersebut.

Jika berbicara tentang manusia, tentu saja tidak akan pernah lepas dari rasa tanggung jawab, mau hal apapun itu pasti akan selalu dipertanggung jawabkan. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan tanggung jawab? Menurut saya sendiri, tanggung jawab merupakan salah satu rasa toleransi yang datang dari dalam diri kita sendiri untuk dapat menanggung hal apa yang akan atau telah kita lakukan, untuk diri kita maupun orang lain. Rasa tanggung jawab pasti selalu dimiliki seseorang, entah tanggung jawab yang dilakukan dengan paksaan dari orang lain, ataupun tanggung jawab yang dilakukan dengan sepenuh hati. Akan tetapi semua itulah yang dimaksud dengan tanggung jawab sesuai dengan sumber sumber yang pernah saya baca.


Setiap hal atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang tentu saja akan dipertanggung jawabkan, walaupun kita tidak tau kapan akan dipertanggung jawabkannya, akan tetapi semua itu pasti ada waktunya. Apalagi jika kita melakukan hal hal berbau negative yang tanggung jawabnya akan langsung berhadapan dengan Allah SWT. Hal itu tidaklah mudah, dengan status Allah adalah sebagai Tuhan kita, tentu saja jika kita merasa sebagai hambaNya yang selalu taat kepadaNya, kita tidak akan semena mena atau seenaknya melakukan suatu hal yang mungkin akan membuat Allah SWT murka kepada kita. Sekalipun kita melakukan hal itu, kita harus bisa mempertanggung jawabkannya di alam barzah nanti.

Komentar