Stress dan bosan dengan pekerjaan Anda? Lakukan beberapa hal ini!


Sebelum masuk ke topik yang mau penulis bahas, kenalin dulu deh penulis sendiri adalah mahasiswa tingkat akhir di salah satu perguruan tinggi yang paling banyak memiliki ‘gedung kampus’, gaperlu disebutin deh ya namanya. hehe

Sebagai seorang mahasiswa ataupun pekerja pastinya Anda ingin selalu merasa fresh setiap harinya, tentu saja tanpa harus terbebani dengan fikiran pekerjaan ataupun tugas yang membludak, yang bahkan selalu bertambah setiap harinya. Penulis pun juga sering merasakan hal tersebut, oiya penulis merupakan mahasiswa jurusan teknik informatika yang setiap harinya engga bisa jauh dari komputer dan kode kodenya. Kebayang dong tugas tugasnya kayak gimana aja yang harus penulis kerjain setiap harinya??? Tapi dengan tugas tugas tersebut lah yang membuat penulis bisa jadi punya fikiran yang lebih dewasa, punya tanggung jawab yang lebih, dan juga punya rasa ingin tahu yang besar, mengapa demikian? Pertama, dengan adanya tugas tersebut penulis harus punya fikiran yang lebih logis dan masuk akal, karna semua hal engga bisa dijawab atau dikerjakan seenak jidat, bahasa kerennya sih, ‘semua hal perlu dipertimbangkan’ hahaha. Yang kedua, dengan adanya tugas tersebut tentu saja penulis harus lebih punya tanggung jawab, tanggung jawab dalam hal apa? Oke yang pertama mungkin yang paling dasar, tanggung jawab karna penulis yang udah memilih untuk masuk ke jurusan teknik informatika, jadi mau tugas sesusah apapun ya harus bisa terima dengan sabar dan lapang dada. Kedua, tanggung jawab karna harus bisa selesain tugas tepat waktu, contoh deh, dosen pagi hari ngasih tugas program dan dikumpul malam harinya juga, ya mau engga mau, suka engga suka, penulis harus bisa nyelesain tugas tersebut, sebenernya bisa ajasih kalau penulis engga ngumpulin, tapi kalau gitu berarti penulis engga punya sikap tanggung jawab dong iyakan? Masuk ke point yang ketiga yaitu punya rasa ingin tahu yang besar, nah ini dia nih yang paling penulis rasain positifnya. Contoh lagi deh, ini pengalaman pribadi penulis pas PI, saat itu penulis bikin sebuah aplikasi smartphone berbasis android, penulis sempat kebingungan karna sebenarnya itu tuh gak pernah sedikitpun dipelajarin dikelas. Ya mungkin bahasanya doang sih yang dipelajarin yaitu bahasa java, tapi selebihnya penulis benar benar berguru dengan mbah google untuk menyelesaikan aplikasi tersebut, yang Alhamdulillah sekarang udah selesai. Kurang lebih itudeh sisi positif yang penulis dapat karna adanya tugas yang menumpuk.

Dan sebenarnya gimana sih biar kita bisa nikmatin pekerjaan atau tugas tugas kita? Khususnya biar kita engga ngerasa stress. Nih penulis punya beberapa tips yang mungkin bisa agan dan sista coba sendiri.

1.    Jangan pernah mikir tugas atau kerjaan itu susah!
Kenapa penulis bilang seperti ini? Singkat aja, kalau kita udah berfikir tugas atau kerjaan kita susah, kedepannya hal itu akan terus tersugesti difikiran kita, dan hal itu akan berdampak dengan mood kita sendiri.

2.    Mulailah dari yang paling mudah!
Dengan menyelesaikan tugas tugas yang relative mudah terlebih dahulu, akan membuat mood kita lebih meningkat, dan kita pun akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas tugas selanjutnya.

3.    Jadwalkan dirimu!
Apa maksudnya? Punya banyak tugas ataupun kerjaan bukan berarti kita engga boleh punya kegiatan lain dong, justru hal ini yang engga boleh dilewatin. Selingkan pekerjaan sejenak untuk melakukan hal hal yang kalian anggap meyenangkan, seperti jalanin hobi ataupun bertemu seseorang yang membuat dirimu bersemangat. Tapi ingat! Jangan sampai terlena dengan hal hal menyenangkan tersebut sampai lupa waktu.

Yapss. Mungkin itulah beberapa tips dari penulis mengenai hal hal yang bisa dilakuin agar kita bisa menikmati pekerjaan ataupun tugas tugas kita. Kalau ada yang mau ngasih kritik ataupun saran monggo.
Salam sukses dari ane Nabil Iswar Siregar.

Komentar

Posting Komentar