MENGGALI POTENSI DIRI SENDIRI





Gua udah bisa apa? Gua mau kerja dimana pas udah lulus nanti? -Yaps mungkin pertanyaan itu akan selalu terngiang difikiran penulis atau mungkin kalian para pembaca setia blog ini, sebenernya setiap manusia itu mempunyai potensi masing masing, dan gak sedikit juga yang masih belum tau potensi dirinya sendiri itu apa atau dimana. Manusia diciptakan dengan kelebihannya masing-masing, tidak sedikit anak-anak usia dini yang sudah handal memainkan musik, mahir mengolah ‘si kulit bundar’, dan ada juga yang setiap hari menghasilkan uang cuma dengan bermain game PC. Itu semua mungkin mereka lakukan karna hobi mereka masing masing, bila anda pernah melihatnya, apa yang terlintas difikiran anda? Apakah mereka hebat? Apakah mereka anak-anak ajaib dengan kelebihan anugerah yang luar biasa? Mengapa mereka yang usianya jauh dibawah kita justru lebih mahir memainkan hal hal tertentu? Padahal penulis sendiri belum tentu bisa melakukan hal yang mereka lakukan.

Semua itu merupakan hal yang berkaitan dengan pentingnya menggali potensi diri, terutama sejak dini. Penulis ambil contoh saat penulis berada di bangku SMA, kebetulan penulis sekolah di salah satu SMA yang berbasis IT, jadi semua hal ataupun pelajaran di sekolah saat itu sudah berbasis e-learning, jadi mau gamau penulis yang saat itu statusnya adalah ‘murid’ harus mengikuti semua aturannya. Dan awal mula penulis mengetahui potensi penulis yaitu pada saat penulis masuk kelas web design pada awal kelas 10. Awalnya sih penulis cuma iseng aja karna penasaran ingin tahu proses pembuatan website tuh gimana, tapi makin kesini penulis malah nikmatin pelajarannya, mulai dari materi yang dibilang paling dasar yaitu HTML, sampai nyusun tugas akhir yang disuruh bikin website salah satu SMA swasta di Cibinong. Nah mulai dari itu penulis ngerasa potensi penulis dibidang IT, dan karena web design juga penulis jadi punya sifat kepo buat nyari tau bidang IT lainnya seperti bahasa pemrograman lain dan juga design grafis. Dan karena penulis udah yakin sama potensi sendiri, saat lulus SMA penulis langsung putuskan untuk daftar jurusan yang berbau dunia komputer di setiap kampus yang penulis daftar, sampai akhirnya penulis nyasar di Universitas Gunadarma dan masuk S1 Jurusan Teknik Informatika, dan insyaAllah tahun ini udah di toga in hehehe. 

Nah jadi untuk kalian para pembaca, khususnya sih tulisan ini penulis ketik buat para adik adik yang masih bingung potensi kalian itu apa dan dimana. Penulis punya beberapa hal nih yang mungkin bisa ngebantu untuk mengembangkan potensi kalian.


1. Cari tau hal yang kalian suka
Apa maksudnya? Gini deh, engga mungkin kan kita ngelakuin atau ngerjain suatu hal tanpa kita suka? Dan sekalipun dengan keadaan terpaksa juga pasti kita ga akan pernah nikmatin kerjaan itu. Jadi mending cari tau dari sekarang apa yang kalian suka, dan tekuni hal yang kalian suka itu. Percaya atau engga, cara ini adalah hal paling jitu agar potensi kita terwujud.

      2. Percaya diri, jauhi gengsi!

Nah point kedua ini juga merupakan senjata yang jitu untuk menggali potensi kita, mau sepinter apapun kita, serajin apapun kita, tapi kalau kita gak pede atau masih punya rasa gengsi dijamin ga akan pernah bisa ngeluarin potensi kita yang sesungguhnya. 

      3. Harus punya target! 
   
     Point ketiga ini sih udah pasti dimiliki semua orang, tapi target bagaimana yang penulis maksud? Oke, target yang penulis maksud adalah lebih bersifat ke progress tiap melakukan suatu hal. Contoh misalnya penulis lagi buat sebuah website, nah penulis harus selalu punya progress tiap minggunya agar website yang penulis buat itu lebih cepat selesai atau terstruktur. Dan satu lagi, usahain progress yang dibuat itu harus diselesaikan sebelum hari H. 

      4. Cari motivasi (penyemangat)

     Setiap manusia sih harunsya punya motivasi sendiri untuk kemajuan hidupnya, coba deh cari suatu hal atau seseorang yang bisa melecut semangat kalian untuk menghasilkan terobosan terbaik.
 
      5. Jangan pernah berfikir kalian salah!

     Jujur aja, penulis punya rumus sendiri yang dari dulu selalu penulis pakai buat ngejalanin kehidupan atau masalah tiap harinya. “To save time, let’s assume, I’m never wrong”. Ya mungkin kutipan diatas bisa terlihat sombong, tapi dengan asumsi itu juga kita bisa menjadi lebih percaya diri tiap ngelakuin sesuatu. Tanpa berfikir sedikitpun kalau kita tuh salah. 

     Itulah pengalaman penulis megenai cara menggali atau mengembangkan potensi diri. Mungkin penulis juga sedikit telat kalau baru membahas kiat-kiat menggali potensi diri disaat kuliah ini, tapi bukan ga mungkin artikel ini bisa jadi referensi bagi agan dan sista yang masih bingung dengan potensi yang belum keliatan sampe sekarang.
 


Komentar

Posting Komentar