Membuat Karakter Minion Menggunakan Aplikasi Blender


  1. Buka aplikasi Blender

  2. Pada tampilan utama, hapus object box dengan cara klik X lalu delete

  3. Add Object baru dengan cara klik Shift+A. Pilih Cylinder.

        


  4. Kemudian ubah Object Mode menjadi Edit Mode, menggunakan button di baris bawah.

  5. Selanjutnya, potong bagian silinder menggunakan key CTRL+R. Scroll keatas untuk menambahkan jumlah potongan. Scroll hingga total garis potongan menjadi 5, kemudian klik kiri.

        


  6. Setelah selesai memotong, ubah Vertek Select menjadi Face Select.

  7. Untuk menyeleksi bagian / sisi object, gunakan klik kanan.
    Selanjutnya, kita buat bagian kepalanya dengan cara menyeleksi sisi atas silinder dengan klik kanan, kemudian tekan ‘E’ untuk extrude. Tarik arah mouse keatas dan klik kiri untuk menambahkan sisi object. Jika sudah selesai, tekan ‘S’ untuk scale.



    Fungsi scale ini adalah untuk mengubah ukuran sisi object. Ubah sisi objek menjadi sedikit menjorok kedalam. Nantinya kita akan membuat sisi kepala ini menjadi lebih meruncing. Ulangi langkah ini hingga tiga kali agar didapatkan hasil seperti dibawah ini.

        


  8. Bagian atas sudah selesai, ulangi langkah 7 untuk membuat sisi bagian bawahnya. Hasilnya akan menjadi seperti ini.
        

  9. Selanjutnya, ubah edit mode menjadi object mode.
    Langkah ini sangat penting jika kita menginginkan cylinder dan objek lain menjadi satu objek.
    Kemudian add object baru. Pilih UV Sphere. Kemudian posisikan UV Sphere itu sebagai salah satu mata, kiri atau kanan. Jika terlalu besar, ubah ukurannya menggunakan ‘S’.


        


  10. Tahap membuat Body karakter sudah selesai, selanjutnya kita beri warna. Caranya, pada tab sebelah kanan, klik Modelling dengan simbol bola hitam putih.

    Awalnya, klik kanan pada body karakter, kemudian ubah menjadi edit mode, dan pilih Face look. Lalu seleksi bagian / sisi yang ingin diberi warna. Kemudian, pada tab Modelling klik button plus untuk menambahkan material. Material.001 adalah warna default untuk objek tersebut. Jika kita ingin memberikan warna lain pada sisi tertentu, klik button plus, kemudian pilih New. Selanjutnya, ubah warna pada Diffuse, dan klik Assign. Maka warna sisi yang terseleksi akan sama dengan warna yang anda inginkan.

        



  1. Desain sesuka anda. Dibawah ini adalah desain sederhana saya.

        

  2. Selanjutnya ubah mode menjadi object mode. Lalu klik kanan pada UV Sphere. Rotasi kan UV Sphere jika posisinya tidak menghadao ke depan, dengan menggunakan key ‘R’ untuk Rotate. Jika anda ingin merotasikan berdasarkan sumbu X sebesar 90 derajat, maka cukup ketik R+X+90.
     
  3. Kemudian beri warna UV Sphere tersebut.

  4. Jika sudah selesai diberi warna, duplikat UV Sphere tersebut sehingga menjadi sepasang mata. Klik ‘D’ untuk duplikat. Lengkapnya, D+X. Fungsinya untuk menduplikat objek pada sumbu x, dan geser objek.

        

  5. Untuk merender, kita perlu mengatur pencahayaan da warna latar.
    Klik tab World, centang Blend Sky dan ubah warna latarnya. Dan jangan lupa centang Environment Lighting.

        
  6. Tekan F12 untuk merender gambar
  7. Jika kamera yang digunakan tidak menyorot objek kita, ubah posisi kamera dengan menggeser sumbu hingga mencapai posisi yang diinginkan
  8. Berikut hasil render karakter saya.
        

Komentar