Manusia Dan Penderitaan


Sebelum masuk ke arti dari penderitaan, mungkin saya ingin membahas sedikit tentang makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna,  yaitu manusia. Dari wujudnya saja sudah bisa dilihat kalau manusia tidak lain dan tidak bukan adalah makhluk hidup ciptaan Allah yang paling sempurna yang ada dimuka bumi ini, akan tetapi masih banyak orang yang merasa dirinya belum sempurna. Manusia mempunyai akal, mempunyai hawa nafsu dan juga memiliki iman, hanya saja bagaimana cara kita menjalani hidup ini agar semua yang kita lakukan di muka bumi menjadi bermanfaat untuk kita semua, tanpa terkecuali.

Lanjut ke pembahasan berikutnya, yaitu penderitaan. Penderitaan berasal dari kata dasar derita, yang dapat diartikan sebagai merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Pada dasarnya, istilah penderitaan itu ada dari bagaimana cara seseorang menyikapi hal tersebut, hal yang bagi kita itu derita, belum tentu  bila orang lain merasakan hal yang sama dan orang tersebut bilang itu derita, bisa saja dihidupnya Ia tidak mengenal yang namanya penderitaan, melainkan Ia selalu menganggap kalau itu adalah ujian dari Sang Maha Pencipta.


Istilah sebenarnya penderitaan datang dari dalam diri seseorang, bila difikir fikir tidak semua penderitaan itu akan membuat kita menjadi frustasi atau menjadi down, kembali lagi kepada diri kita masing masing, jika kita bisa menghadapi atau menyikapinya dengan hal yang sesuai, maka tidak akan ada lagi yang namanya penderitaan di hidup kita

Komentar