Manusia dan Kebudayaan

Manusia dan Kebudayaan, jika dibaca dari judulnya sih sebenarnya sangat menarik. Tidak lain dan tidak bukan mengenai hubungan antara manusia dan kebudayaannya. Bukan hanya di Indonesia, semua kebudayaan di Negara lainnya pun mempunyai hubungan yang sangat erat dengan manusianya. Akan tetapi, untuk kesempatan kali ini saya ingin membahas hubungan manusia dan kebudayaan khususnya di negeri yang terbentang dari Sabang sampai Merauke ini, apalagi kalau bukan Indonesia.

Yang pertama saya akan membahas aktor pentingnya terlebih dahulu, yaitu manusia. Manusia merupakan makhluk sosial yang mungkin tidak bisa hidup tanpa adanya pendidikan dan sosialisasi antar sesama. Mengapa demikian? Saya mengambil contoh dari hal terkecil, tanpa adanya pendidikan mungkin saya tidak dapat merangkai kata kata seperti yang saya lakukan sekarang ini. Dan yang kedua, mengapa saya mengatakan manusia tidak bisa hidup tanpa adanya sosialisasi antar sesama? Hal itu dapat kita lihat dengan adanya jalinan tali persaudaraan antara keluarga kita masing masing, selain itu, adanya Rukun Tetangga(RT) dan Rukun Warga(RW) disetiap ligkungan pun menjadi hal yang paling menonjol untuk dapat menjawab pernyataan saya sebelumnya. Jadi, pada intinya manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan interaksi untuk melangsungkan kehidupannya.

Kebudayaan, mungkin hal ini sudah tidak asing lagi bagi seluruh manusia dimuka bumi, karena mungkin kebudayaan itu sendiri tidak bisa disebut budaya tanpa adanya campur tangan dari manusia. Kebudayaan merupakan hal yang mungkin tidak bisa dilupakan sampai masa sekarang, kebudayaan merupakan hal terpenting dari suatu Negara, bahkan suatu Negara tidak akan pernah bisa dikatakan Negara maju tanpa adanya kebudayaan yang dimiliki Negara tersebut. Jika dilihat dari sisi pengertian, kebudayaan merupakan hasil karya manusia yang dapat terus dilestarikan untuk mempertahankan kejayaan Negara dan kehidupan rakyatnya.

Oleh karena itu, seharusnyaa jika kita merasa dari manusia yang peduli akan kebudayaannya sudah sepantasnya kita terus melestarikan kebudayaan bangsa kita. Bukan hanya budaya tertentu saja, tetapi semua kebudayaan yang ada di Indonesia terutama kebudayaan yang mungkin sudah hampir punah atau sudah jarang terdengar dikalangan masyarakat.

Komentar