PENERAPAN KOMPUTASI MODERN PADA WEBSITE TOKOPEDIA

Apasih komputasi modern itu? Jika mengarah pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komputasi merupakan cabang linguistik yang menggunakan teknik komputer dalam penelitian bahasa dan kesusastraan, antara lain, dengan mesin penerjemahan dan sintaksis wicara. Sedangkan modern berarti suatu hal yang baru sesuai dengan tuntutan zaman. Jika diartikan secara ilmiah, ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains).

      Jenis-jenis Komputasi Modern   

     1. Komputasi Mobile

Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Dan dapat dilihat contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.

2.
Komputasi Grid 

Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah : 
    • Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat. 
    • Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka. 
    • Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

3. Komputasi Cloud

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Perbedaan komputasi mobile, grid, dan cloud :
  • Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.
  • Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer. 
  • Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
Persamaan komputasi mobile, grid, dan cloud :
  • Ketiganya merupakan metode untuk melakukan komputasi, pemecahan masalah, dan pencarian solusi 
  • Ketiganya memerlukan alat proses data yang modern seperti komputer, laptop atau telepon genggam untuk menjalankannya.
Nah setelah mengetahui pengertian dari masing-masing komputasi, sekarang penulis akan menganalisa tentang sebuah website yang menerapkan penggunaan komputasi modern. Salah satu perkembangan komputasi modern dapat diterapkan dalam website penjualan produk, website yang akan penulis analisa adalah www.tokopedia.com. Tokopedia merupakan perusahaan jual beli online yang menjual berbagai macam produk. Website tokopedia dapat menampilkan dan menyediakan berbagai jenis barang-barang dan kebutuhan dari berbagai toko dengan menampilkan harga barang, kualitas dan dapat melakukan transaksi secara online. Dengan fitur ini maka konsumen dapat mencari produk yang dicari tanpa harus pergi ke tokonya dan proses kerja fitur ini sepenuhnya dilakukan dengan komputer.

Ketika pertama kali membuka website tersebut maka akan tampil halaman awal tokopedia yang terdapat search engine (mesin pencari) yang akan memudahkan pencarian barang yang diinginkan, dan terdapat juga fitur direktori yang dapat dimanfaatkan sebagai katalog belanja. 


Jika ingin berbelanja di www.tokopedia.com maka langkah-langkah yang dilakukan adalah : 
1. Cari barang yang diinginkan dalam kotak mesin pencarian atau pilih salah satu dari kategori yang tersedia.


2. Memilih barang yang diinginkan dari yang tersedia


3. Kemudian klik button beli yang ada di sebelah kanan untuk membeli produk yang diinginkan.


Karena memerlukan keaslian data dan penting untuk proses transaksi maka konsumen diharuskan memiliki akun tokopedia, konsumen dapat daftar (register) jika ingin membuat baru akun tokopedia, namun konsumen juga dapat login dan berbelanja dengan mudah melalui link akun facebook, google ataupun yahoo.
 
4. Ketika sudah berhasil login ke dalam akun tokopedia maka akan kembali melanjutkan transaksi, maka akan muncul form untuk mengisi keaslian data diri agar transaksi berjalan dengan lancar.

 
5. Selanjutnya akan muncul tampilan detail pesanan, alamat, serta total biaya yang harus dibayarkan kepada pihak tokopedia. Untuk melakukan pembayaran, pembeli harus lebih dulu memilih metode pembayaran.


 
     6. Berikutnya adalah konsumen diharuskan melakukan pembayaran dengan metode yang tersedia, jika konsumen sudah melakukan pembayaran, maka dalam website tokopedia pilih konfirmasi pembayaran, masukkan data asli dengan teliti dan pihak tokopedia akan memeriksa dari data yang telah di isi konsumen.


Setelah semua data terverifikasi maka secara otomatis dari pihak tokopedia akan melanjutkan ke toko penjual, selanjutnya toko penjual akan mengemas barang pesanan hingga siap di kirim. Dalam tampilan website di konsumen, maka akan muncul setiap perubahan proses yang dilakukan pihak tokopedia. Ketika barang sudah sampai kepada konsumen, maka pihak konsumen di wajibkan melakukan konfirmasi barang sampai dan dapat memberikan review dari produk yang diterima maupun review untuk penjualnya.

Kesimpulan

Website Tokopedia sudah menggunakan sistem komputasi modern. Penerapannya yaitu dalam layanan penjualan produk online yang terdapat dalam website tersebut. Konsumen dapat langsung mencari dan memilih produk yang diinginkan tanpa harus pergi ke toko secara langsung sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi jual beli online dengan menghemat waktu dan biaya. 

Kelebihan : 

  • Tampilan website simple, mudah dimengerti oleh para konsumen
  • Website ini dapat digunakan menggunakan laptop, pc maupun handphone namun perlu koneksi internet
  • Layanan yang diberikan sangat memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan hanya dengan cara membuat akun yang mengisikan data diri dengan benar dan pembayaran yang dapat dilakukan dengan berbagai metode
  • Rincian biaya ditampilkan secara rinci


Kekurangan :
  • Belum ada fitur kategori berdasarkan wilayah, sehingga dapat memperkecil biaya ongkos kirim 

Komentar