Menganalisa Web (Web Pendidikan, Instansi Pemerintahan, dan Sosial Media)

      Pada pertemuan kali ini kelompok kami menganalisa web, yaitu web instansi pemerintah, web pendidikan dan Sosial media). Apa sajakah yang kelompok kami analisa? Yang kami analisa pada tugas kali ini adalah: pengukuran, search engine, dan web archiving. Pada tugas softskill kali ini saya akan menganalisa Web Sosial media, karena sebelumnya kami sudah membagi tugas dengan anggota kelompok lainnya. Yang saya bahas kali ini adalah Web yang berbasis sebuah informasi yang menyajikan tempat-tempat makanan yaitu  “Yelp  https://www.Yelp.com/id

Sebelumnya mari kita bahas web instansi pemerintahan dan web pendidikan :


1. Web Instansi Pemerintahan (www.dpr.go.id)


Halaman web Dewan Perwakilan Rakyat

Pada analisa web instansi pemerintahan kami menganalisis web instansi pemerintahan yaitu Dpr.go.id. Dpr.go.id adalah sebuah milik pemerintahan terutama pada bagian Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pada Web ini kita di sajikan nama - nama anggota DPR yang sudah menjabat selama masa jabatannya. Pada Web ini kita juga bisa melihat agenda serta berita terupdate tentang pemerintahan Indonesia.

  •      Pengukuran Web

Pengukuran web digunakan untuk mengukur website dari segi kecepatan akses dan performanya, serta mengukur banyaknya pengunjung suatu website, dan disini saya akan mengukur website Dpr.go.id. Sebenarnya pada web yang kami analisa sendiri sudah terdapat statistik pengukurannya yang ada langsung di dalam web nya. Tapi kami juga menggunakan Alexa.com sebagai acuan lain nya.
            Dari hasil pengamatan diatas baik dari statistik di dalam web , maupun dari bantuanAlexa.com hasil yang didapatkan sudah lumayan tinggi . Itu berarti keingin tahuan dari masyarakat tentang pemerintahaan cukup diminati , walaupun search trafficnya masih jauh dari 100 %.
  •      Search Engine

Search engine itu sendiri adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah komputer dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Dan saya menggunakan Alexa.com untuk mendapatkan top keywords dari web yang akan saya analisa. Dan untuk mengetahui urutan search engine nya kami menggunakan bantuan google.


Dpr.go.id menempati urutan teratas dengan keyword “ DPR” . Jadi dapat disimpulkan statistik dariAlexa.com diatas benar . Karena pada Alexa.com saat keyword nya “DPR” maka dia akan ada diurutan teratas. Dan kami telah membuktikannya pada pencarian digoogle.

  •      Web Archiving

Web archiving adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang. Besarnya ukuran Web membuat arsiparis web umumnya menggunakan web crawlers untuk pengumpulan secara otomatis.


2. Web Pendidikan (www.ixl.com/)

    

Pada analisa web pendiddikan kami menganalisis web pendidikan yaitu ixl.com.ixl.com adalah sebuah website yang mengajarkan tentang matematika untuk semua tingkatan atau kelas dalam jenjang pendidikan. Pada website ini kita juga di ajarkan matematika tetapi dengan di iringi oleh pelajaran berbahasa yaitu, bahas inggris.
  •      Pengukuran Web

Sebuah website tentu mempunyai sebuah ukuran, baik ukuran size, rating, dsb.Ixl.com adalah website yang akan kami ukur. Kami disini akan mengukursibejoo.com dengan Gtmetrix (http://gtmetrix.com) .

Secara global situs ixl.com dikunjungi 4.328 kali, sementara di amerika hanya 1.755 kali, sementara di Indonesia bisa dibilang belum ada pengunjungnya, dengan hasil tersebut maka situs ixl ini sudah lumayan populer tetapi tidak untuk kalangan pelajar Indonesia.

  •      Search Engine

Maksud search engine disini adalah seberapa populer situs ixl.com ini pada web search engine, seperti pada google.


Ixl.com menempati urutan teratas. Menggunakan keyord ini tentu tidak aneh jika ixl menempati urutan pertama, sebab-sebabnya antara lain: dengan keyword ixl tentu kita dapat langsung menemukan dan masuk kehalaman web ixl.com itu sendiri dan mungkin web tersebut hanyalah ada satu di dunia dan terpopuler serta sering di kunjungi oleh para pengguna situ internet.

  •      Web Archiving

Pengarsipan web (Web Archiving) adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang. Pada ixl.com masi sedikit arsip yang ada, karena memang situs ini masih Dalam pengembangan update. Dalam situ ini hanya menyediakan beberapa arsip soal, pembahasan serta materi yang sesuai dengan tingkatan si pengguna situs ini.


3. Sosial Media (Yelp.com)

Yelp adalah situs pencarian restoran yang menyediakan informasi untuk makan di luar, pesan bawa pulang, kafe, dan nightlife untuk kota-kota di Indonesia, India, Turki, Selandia Baru, Filipina, Afrika Selatan, Sri Lanka, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Inggris. Menurut situs Alexa, situs ini memiliki peringkat ke 151 di dunia dan 34 di USA.


Dari hasil pengamatan dengan bantuan alexa.com, situs yelp menduduki peringkat 151 an dunia, berarti situs tersebut sudah termasuk situs yang sangat terkenal dan sudah banyak orang yang tahu. di Indonesia sendiri belum dilakukan percobaan pengamatan ranking dunia, karna terbilang cukup baru.


Dari hasil pengamatan dengan menggunakan bantuan situs GTmetrix, situs sosial media berbasis foodie ini memiliki grade A dan grade C yang berarti cukup baik untuk di akses oleh pengguna internet dan memilik konten yang baik pula.


Demikian dari analisa terhadap website instansi pemerintahan (Dpr.go.id), pendidikan (Ixl.com) dan media sosial (yelp.com) kurang lebihnya mohon maaf.


Referensi :

https://www.yelp.com/id

http://www.alexa.com/

http://www.yelp.com/

http://www.dpr.go.id/

http://gtmetrix.com/

Komentar