Manusia dan Cinta Kasih


Manusia dan cinta kasih, dilihat dari judulnya sih sangat menarik untuk dijadikan artikel, khususnya untuk kalangan remaja masa sekarang. Kata-kata cinta dan kasih sudah tidak asing lagi bagi pendengaran kaum adam dan hawa.

Yang pertama saya akan membahas aktor pentingnya terlebih dahulu, yaitu manusia. Manusia merupakan makhluk sosial yang mungkin tidak bisa hidup tanpa adanya pendidikan dankasih sayang antar sesama. Mengapa demikian? Saya mengambil contoh dari hal terkecil, tanpa adanya pendidikan mungkin saya tidak dapat merangkai kata kata seperti yang saya lakukan sekarang ini. Dan yang kedua, mengapa saya mengatakan manusia tidak bisa hidup tanpa adanya kasih sayang antar sesama? Hal itu dapat kita lihat dengan adanya ikatan tali kasih sayang antara keluarga kita masing masing, Jadi, pada intinya manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan interaksi dan kasih sayang untuk melangsungkan kehidupannya.

Cinta dan kasih, tidak sedikit orang yang mengartikan kalau cinta dan sayang itu sama. Bila didengar sih tidak jauh beda, akan tetapi bila kita mau mengartikan dengan kata kata yang benar, maknanya jelas berbeda. Sayang itu merupakan ungkapan perasaan seeorang kepada orang tertentu yang tidak lebih dari sekedar kepedulian dan perhatian. Sedangkan cinta, merupakan istilah yang melebihi dari sekedar sayang, jika seseorang sudah mencintai sesuatu secara otomatis orang tersebut juga sayang pada sesuatu tersebut. Akan tetapi sebaliknya, jika seseorang sayang pada suatu hal, belum tentu orang tersebut mencintai hal tersebut juga.


Terkadang manusia sering salah mengartikan istilah istilah ini, sebagai contoh, tidak sedikit manusia yang melampiaskan rasa sayang kepada seseorang yang Ia sukai terlalu berlebihan dari batas rasa sayang yang seharusnya. Kalau difikir fikir memang tidak salah, toh itupun memang hak mereka, akan tetapi seharusnya kita dapat membedakan lebih detail mana yang seharusnya kita sayangi dengan batas tertentu, dan mana yang harus kita cintai dengan sepenuhnya.

Komentar