Langsung ke konten utama
Membuat Karakter Minion Menggunakan Aplikasi Blender
- Buka
aplikasi Blender
- Pada tampilan
utama, hapus object box
dengan cara klik X lalu delete
- Add Object
baru dengan cara klik Shift+A. Pilih Cylinder.
- Kemudian
ubah Object Mode menjadi Edit Mode, menggunakan button di baris bawah.
- Selanjutnya,
potong bagian silinder menggunakan key CTRL+R. Scroll keatas untuk
menambahkan jumlah potongan. Scroll hingga total garis potongan menjadi 5,
kemudian klik kiri.
- Setelah
selesai memotong, ubah Vertek Select menjadi Face Select.
- Untuk
menyeleksi bagian / sisi object, gunakan klik kanan.
Selanjutnya, kita buat bagian kepalanya dengan cara menyeleksi sisi atas
silinder dengan klik kanan, kemudian tekan ‘E’ untuk extrude. Tarik arah
mouse keatas dan klik kiri untuk menambahkan sisi object. Jika sudah
selesai, tekan ‘S’ untuk scale.
Fungsi
scale ini adalah untuk mengubah ukuran sisi object. Ubah sisi objek menjadi
sedikit menjorok kedalam. Nantinya kita akan membuat sisi kepala ini
menjadi lebih meruncing. Ulangi langkah ini hingga tiga kali agar
didapatkan hasil seperti dibawah ini.
- Bagian
atas sudah selesai, ulangi langkah 7 untuk membuat sisi bagian bawahnya.
Hasilnya akan menjadi seperti ini.
- Selanjutnya,
ubah edit mode menjadi object mode.
Langkah ini sangat penting jika kita menginginkan cylinder dan objek lain
menjadi satu objek.
Kemudian add object baru. Pilih UV Sphere. Kemudian posisikan UV Sphere
itu sebagai salah satu mata, kiri atau kanan. Jika terlalu besar, ubah
ukurannya menggunakan ‘S’.
- Tahap
membuat Body karakter sudah selesai, selanjutnya kita beri warna. Caranya,
pada tab sebelah kanan, klik Modelling dengan simbol bola hitam putih.
Awalnya, klik kanan pada body karakter, kemudian ubah menjadi edit mode,
dan pilih Face look. Lalu seleksi bagian / sisi yang ingin diberi warna.
Kemudian, pada tab Modelling klik button plus untuk menambahkan material. Material.001
adalah warna default untuk objek tersebut. Jika kita ingin memberikan
warna lain pada sisi tertentu, klik button plus, kemudian pilih New.
Selanjutnya, ubah warna pada Diffuse, dan klik Assign. Maka warna sisi
yang terseleksi akan sama dengan warna yang anda inginkan.
- Desain sesuka
anda. Dibawah ini adalah desain sederhana saya.
- Selanjutnya
ubah mode menjadi object mode. Lalu klik kanan pada UV Sphere. Rotasi kan
UV Sphere jika posisinya tidak menghadao ke depan, dengan menggunakan key
‘R’ untuk Rotate. Jika anda ingin merotasikan berdasarkan sumbu X sebesar
90 derajat, maka cukup ketik R+X+90.
- Kemudian
beri warna UV Sphere tersebut.
- Jika sudah
selesai diberi warna, duplikat UV Sphere tersebut sehingga menjadi
sepasang mata. Klik ‘D’ untuk duplikat. Lengkapnya, D+X. Fungsinya untuk
menduplikat objek pada sumbu x, dan geser objek.
- Untuk
merender, kita perlu mengatur pencahayaan da warna latar.
Klik tab World, centang Blend Sky dan ubah warna latarnya. Dan jangan lupa
centang Environment Lighting.
- Tekan F12
untuk merender gambar
- Jika
kamera yang digunakan tidak menyorot objek kita, ubah posisi kamera dengan
menggeser sumbu hingga mencapai posisi yang diinginkan
- Berikut
hasil render karakter saya.
Komentar
Posting Komentar